Kamis, 10 Januari 2013

Pengangguran Terdidik (Sarjana)

Pengangguran Terdidik adalah seseorang yang telah lulus dari perguruan tinggi negeri atau swasta dan ingin mendapat pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya.

Para penganggur terdidik biasannya dari kelompok masyarakat menengah ke atas, yang memungkinkan adanya jaminan kelangsungan hidup meski menganggur. Pengangguran terdidik sangat berkaitan dengan Masalah kependidikan di negara berkembang pada umumnya.

Dulu, pengangguran identik dengan minimnya pendidikan. Namun kini, angka pengangguran pemuda terdidik mencapai 47,81 persen dari total angka pengangguran nasional. Lulusan perguruan tinggi menjadi pengangguran terdidik tertinggi.

Jumlah pengangguran terdidik antara lain:

LULUSAN
PERSENTASE
PEGURUAN TINGGI
12,78 %
SMA
11,9 %
SMK
11,87 %
SMP
7,45 %
SD
3,81 %

Sebagaimana anggapan sebagian masyarakat pada umumnya kalangan mahasiswa, beranggapan bahwa yang dikatakan bekerja adalah bekerja kantoran menjadi pegawai swasta atau PNS.

Mereka befikir dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ataupun ke universitas dan mendapatkan gelar sarjana bisa atau gampang mendapatkan pekejaan. Mereka menganggap gelar sajana itu adalah sebagai penjamin kerja.

Tapi kenyataannya hanya sebagian kecil yang bekerja sebagian besarnya kemana? (menganggur)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar