Rabu, 16 Januari 2013

Asal Mula BlackBerry

BlackBerry dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Research In Motion (RIM). RIM didirikan oleh putra seorang imigran Yunani di Kota Kecil Waterloo, Kanada.

Mike Lazaridis adalah Pendiri Research In Motion (RIM), yang dilahirkan di Turki. Ketika berusia 4 tahun dia membangun sebuah pemutar rekaman dari Lego, kemudian ketika berusia 5 tahun dia membuat sebuah radio, serta mengambil kuliah teknik listrik dan ilmu komputer di Waterloo University. Sebulan sebelum ujian akhirnya (pada 1984) dia memenangkan kontrak seniali  560.000 dolar AS dari General Motors untuk merancang dan membangun sebuah sistem display industrial.

Pada 1987, Lazaridis didekati untuk membuat sebuah perangkat luank bagi sebuah jariangan data nirkabel, yang pada tahap itu baru berupa segerumbul kawat dan kotak-kotak bernama Mobitex. 12 tahun kemudian dia mendapat ide yang akhirnya dia wujudkan sebagai BlackBerry. Dia berkata, “Sesuatu yang tidak dipahami orang dengan terjadinya begitu banyak inefisiensi dan masalah yang harus dipecahkan”.

Pendekatannya adalah dengan mencontoh cara kerja penyentara. Seraya berkata lagi “Kami menemukan hakikat penyentaraan” . “Kami ambil hakikat itu–dapat dikenakan dengan bebas, tidak mengganggu, real-time, tidak menyala, selalu tersambung, berbiaya rendah, dan membawanya ke masa depan”.

Nama BlackBerry datang dari sebuah firma di California bernama Lexicon Branding, yang pada awalnya memunculkan nama “PockeLink”, nama yang fungsional tapi membosankan. Lalu mempertimbangkan “Strawberry” karena alat itu agak mirip buah Strawberry, tapi nama itu kedengaran terlalu jinak, akhirnya melahirkan nama yang akrab tapi cerdas, BlackBerry.

Pada 1996, mereka mengambangkan sebuah penyetara interaktif yang dapat mengirim pesan dan menerimanya. Pada 1997 Research In Motion memasuki bursa saham, kemudian menikmati keuntungan dari demam pasar dotcom, sementara harga saham yang meningkat memberi jutaan dolar pada kemitraan tersebut, sampai-sampai Lazaridis sanggup mendermakan 85 juta dolar AS untuk mendirikan Perimeter Institute for Theoritical Physics di Waterloo, Kanada. Di samping itu beberapa donasi lainnya yang ditujukan untuk memperbaikai peluang pendidikan bagi  orang – orang yang tidak mampu.

Lazaridis juga menjabat kanselir bagi kampus lamanya, University of Waterloo. Dimana dia mendirikan sebuah institut untuk komputasi kuantum. Harga saham perusahaan terjun bebas setelah gelembung dotcom pecah. Namun dengan segera melambung lagi berkat kekuatan penjualan BlackBerry. Lazaridis kini memiliki kekayaan 1,7 miliar dolar AS, meskipun dia tidak pernah memeriksa nilai saham yang dipegangnya, karyawan yang tertangkap tangan mengamati harga saham akan dihukum membelikan donat untuk semua orang (ini bukan lelucon) pada tahun 2002 seorang karyawan tertangkap basah dan harus merogoh kantong untuk membeli 1.000 buah donat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar