Senin, 21 Januari 2013

Membeli Notebook Baru

Yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli  notebook baru:

1.    Periksa semua hardware nya.
2.    Cek ketahanan baterai.
3.    Apabila anda menginginkan drive DVD writeable, sangat disarankan untuk memilih drive multiformat.
4.    Carilah bentuk dan ukuran yang sesuai dengan selerah anda.
5.    Lihat kekuatan memory (RAM), minimal 1 GB atau 512 MB.
6.    Kalau memang notebook tidak digunakan untuk menjalankan software atau program-program yang berat, maka pilih saja notebook dengan spesifikasi biasa. Jika sebaliknya, digunakan untuk program-program yang berat maka belilah notebook dengan spesifikasi komponen yang ukuran kapasitas nya besar.

Tips Membeli Notebook Bekas

1.    Pertama sekali yang harus diperhatikan adalah kondisi casing notebook secara keseluruhan, kalau bagian luarnya saja sudah tergores-gores itu menandakan perawatan sebelumnya kurang terawat, tidak kemungkinan kalau didalamnya juga bakalan seperti itu.

2.     Perhatikan betul bagian ensel pada casing notebook, kalau terdapat keretakan pada ensel tersebut bisa jadi notebook itu sudah pernah jatuh, cek kedua-dua nya (enselnya ), apakah ensel itu masih kuat daya rekat nya atau sudah mulai longgar.

3.    Lihta bagian Optical Drive nya, tanyakan pada si penjual apa jenis Optical Drive yang terpasang pada notebook tersebut.

4.    Periksa layar nya, apakah bersih atau kotor (berwarna/berjamur/redup/berkesan tidak bening), tunggu sejenak apakah layar sering mati sendiri tanpa sebab.
5.    Cak keyboard nya, pastikan semuanya berfungsi.

6.    Pastikan harddisk nya masih bagus, kalau harddisk nya mengeluarkan suara yang berisik atau kasar berarti itu menandakan secara fisik notebook nya sudah mengalami gangguan.

7.    Lihat ketahanan baterai nya, apakah daya tampung arus listrik nya masih normal atau sudah mulai “nge-drop”.

8.    Pastikan speaker notebook tersebut masih berfungsi baik secara keseluruhan.

9.    Periksa bagian adaptornya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar