Kamis, 27 Desember 2012

Tips Bagaimana Merawat & Menjaga Baterai Notebook / Laptop

Pernahkah anda mendengar cerita deri sejumlah teman atau orang lain, yang mengatakan bahwa tenaga baterai notebook atau laptop nya sudah mulai nge-drop? Nah, besar kemungkinan baterai yang digunakan tersebut tidak mendapatkan perawatan yang baik, sehingga tidak bisa tahan lama dalam menyimpan arus listrik.

Untuk itu, berikut tips praktis tentang bagaimana merawat dan menjaga baterai notebook ataupun laptop agar tenaga nya tetap awet:
1.    Tidak jarang saat kita menggunaka notebook atau laptop, kita juga sambil melakukan proses charging (pengisian kembali) terhadap baterai tersebut. Kadang – kadang kita tidak sadar, ketika proses charger  (alat pengecas batearai) masih terus terpasang, tidak dilepaskan dari notebook atau laptop
Akibatnya, bisa saja selama berjalan kabel charger terus terpasang, sementara baterai sudah terisi penuh. Ini jelas membuat baterai menjadi lebih cepat rusak. Baterai yang sebetulnya sudah penuh, tetap dipaksa untuk menerima dan menyimpan aliran listrik yang diolah dari bagian charger. Tahukah anda, inilah sebetulnya yang membuat baterai menjadi panas dan bila sering terjadi jelas akan membuat baterai itu lebih cepat nge-drop.
2.    Seimbangkan waktu atau intensitas pemakaian antara baterai dengan arus listrik searah (AC). Terlalu sering menggunakan arus AC tentu akan membuat baterai menjadi jarang digunakan, dan ini jelas membuat baterai menjadi lebih kurang awet (tenaga kurang). Demikian juga dengan kemampuannya dalam menyimpan arus listrik yang masuk melalui charger, akan jauh lebih berkurang. Jadi, jangan sampai anda terbilang jarang menggunakan tenaga dari baterai tersebut.
3.    Debu atau jenis kotoran sering kali menyelinap masuk kedalam bagian tertentu pada notebook atau laptop.
Dalam hal ini salah satunya termasuk baterai. Bagian baterai yang paling sering dihinggapi debu atau kotoran adalah konektor.
Konektor merupakan penghubung antara body dengan baterai. Melalui konektorlah arus listrik dari baterai masuk kedalam notebook atau laptop. Bila tidak ada konektor maka dipastikan arus listrik dari baterai tidak akan bisa diantarkan kedalam bagian notebook atau laptop. Apabila konektor kotor atau dihinggapi tumpukan debu, maka dipastikan fungsinya tidak berjalan baik, coba bayangkan,tentu arus listrik tidak  akan masuk atau berjalan normal melalui konektor, jika konektor itu sendiri ternyata kotor.
Jadi, langkah utama yang harus segara diambil adalah membersihkan bagian konektor tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar