Rabu, 19 Desember 2012

Computer Systems


SISTEM komputer memiliki dua komponen mendasar, yaitu apa yang dinamakan dengan perangkat keras komputer atau mesin komputer itu sendiri (hardware) dan instruksi-instruksi yang berbentuk program komputer atau biasanya dinamakan software.

Perangkat Keras Komputer (Computer Hardware)
Perangkat keras dari sebuah komputer atau Hardware komputer terdiri dari Central Processing Unit (CPU), Unit Auxiliary Storage System, dan Input-Output System.CPU adalah inti dari komputer. Atau bisa dikatakan sebagai otak, hati dan tenaga dari komputer itu sendiri. Istilah- istilah pentium I, pentium II,  pentium III, pentium IV hingga Cyrix MII-300, Cyrix MIII-500, AMD K62, AMD K63, AMD Duron hingga AMD Thunderbird sendiri dinisbatkan kepada jenis CPU ini dilihat dari kecepatan nya. Pada desember 2000 yang lalu Perusahaan Intel bahkan telah ditemukan jenis CPU tercepat yang berkecepatan 10 kali dari pentium IV dan itu baru dipasarkan pada tahun 2005. CPU sendiri terdiri Dari beberapa subkomponen yaitu arithmetic logic urul (ALU), control unit dan main memory.

Hardware lain yang terdapat dalam komputer adalah auxiliary storage system, yang terdiri dari floppy drive, zip-drive atau hard-drive, hingga CD-ROOM (compact-disc, read only memory). Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data yang sifatnya lebih permanen dari mulai data yang berkapasitas 1 MB hingga ratusan bahkan ribuan MB atau kita kenal sebagai Gigabytes (GB). Sebuah kamus atau Ensiklopedia sekitar 20.000 halaman pada masa ini bisa kita dapatkan dalam CD saja.

Komponen lain dari sebuah hardware komputer adalah input-output system. Komponen ini terdiri dari input sistem yang salah satu perangkatnya yang sudah kita kenal adalah keyboard dan mouse yang akan menyampaikan instruksi yang diinginkan kepada CPU. Kemudian juga output system terdiri dari layar monitor, printer, bahkan kini biasa disajikan melalui Overhead projector, LCD Projector atau bahkan layar televisi, bergantung kepada kebutuhan para penggunanya.

Perangkat Lunak Komputer ( Komputer Software)
Perangkat lunak dari komputer atau software biasa dinamakan dengan program atau Program Komputer . Program adalah sekumpulan instruksi yang membuat sebuah komputer bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan. Intruksi itu dapat berupa perhitungan matematis, pengetikan, pengeditan, bahkan penyajian gambar secara interaktif.

Hingga kini terdapat ribuan komputer software atau program komputer telah dihasilkan, seiring dengan keinginan dan permintaan yang terus berubah – ubah dan juga inovasi yang berkelanjutan. Namun secara mendasar, ada beberapa program yang menjadi basis bagi pemograman lainnya dan memiliki peran yang signifikan bagi perusahaan. 


Berikut adalah program-program yang penting :
1.    FORTRAN
Digunakan untuk membantu para engineer atau insinyur dan saintis untuk memecahkan persoalan-persoalan matematis yang rumit dan panjang.
2.    BASIC
Digunakan untuk membantu para pemula untuk belajar pemograman komputer atau membuat bahasa pemograman.
3.    COBOL
Yaitu bahasa pemograman yang banyak digunakan dalam bisnis yang terkomputerisasi dan juga sistem informasi di berbagai perusahaan besar. Kebanyakannya digunakan untuk program akuntansi dan keuangan perusahaan.
4.    C, C + +
Adalah bahasa pemograman yang sebagian besar digunakan oleh program mikrokomputer, seperti spreadsheet dan word-processor yang sering kali kita kenal dengan Microsoft Excel dan Microsoft Word. Selain itu pula kita kenal misalnya AMIPro, Lotus Smart Suite dan lain sebagainya.
5.    VISUAL BASIC
Berbeda dengan BASIC, VISUAL BASIC membantu para pemula untuk belajar pemograman dari mulai  pemograman yang termudah hingga tersulit. Spesifikasinya yang mudah digunakan (user-friendly) dan juga kemampuan integrasinya yang luar biasa (integgrasi antara text, sound, dan gambar interaktif misalnya) menjadikan VISUAL BASIC pada masa ini merupakan salah satu bahasa pemograman yang banyak digunakan dalam teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar