Rabu, 19 Desember 2012

Tekonologi Informasi, Komputer dan E-commerce


Informasi yang akan dibahas adalah informasi yang telah mengalami proses pegolahan, pengklasifikasian, hingga penyajian tertentu sehingga bermanfaat bagi manajemen sebuah perusahaan dalam melakukan perancanaan dan pengambilan keputusan.

KOMPUTER SEBAGAI SUMBER INFORMASI
Komputer adalah satu bentuk produk perkembangan teknologi yang kini mampu melakukan proses pengolahan informasi secara cepat dan akurat. Pada saat ini dunia bisnis tidak dapat mengabaikan manfaat dari komputer dalam mencari dan mengolah informasi.

Contoh – contoh yang menunjukkan peranan komputer dalam perusahaan.
      i.          Dalam menejemen keuangan, jaringan komputer yang terkoneksi melalui intenet keseluruh dunia mengetahui perkembangan terbaru mengenai informasi keuangan perusahaan lain secara instan sehingga memudahkan perusahaan investasi tersebut merencanakan dan menentukan keputusan investasi.
     ii.          Dalam menejemen pemasaran, komputer sekarang ini dipergunakan untuk melakukan riset pemasaran, program – program komputer seperti SPSS, SHAZAM, SAS, Eviews misal nya dapat dengan cepat menyajikan analisis informasi terhadap data – data konsumen, pesaing dan lingkungan bisnis lain nya.
   iii.          Dalam promosi dan dunia pengiklanan, beberapa program komputer seperti misalnya Adobe PageMaker, Core Draw, Microsoft Publisher dan lain – lain. Ini tidak hanya menarik dan unik , informasi iklan ini bisa disajikan secara cepat dengan kemudahan komputer tadi.
   iv.          Dalam akuntansi keuangan, beberapa komputer akuntansi telah memudahkan perusahaan dalam melakukan proses pengumpulan, pengklasifikasian hingga pelaporan keuangan. Pencatatan jurnal keuangan, ledger hingga arus kas dapat dilakukan secara otomatis segera setelah pengguna memasukkan data – data yang diperlukan.

KOMPUTER DAN E-COMMERCE
Transaksi bisnis sekarang tidak mesti dilakukan dengan tatap muka, akan tetapi cukup melalui layar komputer yang terkoneksi global dan segala sesuatu nya menjadi mudah untuk diselesaikan. Hal ini disebabkan oleh ada nya perubahan yang cepat dalam teknologi informasi yang berbasis komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar