Senin, 17 Desember 2012

Aplikasi Mikrokomputer


Setiap perusahaan menggunakan berbagai aplikasi komputer untuk mempermudah pekerjaannya. Ada beberapa jenis program komputer yang telah banyak digunakan dan banyak membantu pengguna komputer dalam menyeleseikan pekerjaannya. Berikut ini diterangkan program komputer yang banyak digunakan sehari-hari oleh individu dan perusahaan.
1.    Word Processing.
Terdiri dari program komputer yang berfungsi untuk menulis, mengedit bahkan laporan. Beberapa aplikasi yang kita kenal diantaranya adalah Microsoft Word, Word Perfect , Lotus AmiPro, dan juga Word of Windows.
2.    Spreadsheets.
Merupakan program komputer yang berfungsi untuk menyajikan informasi dalam bentuk tabel, perhitungan atas tabel, dan lain sebagainya. Beberapa aplikasi yang kita kenal diantaranya adalah Microsoft Excel, Quattro Pro, Lotus 1-2-3, dan lain sebagainya.
3.    Graphics.
Meliputi program yang mampu memproses dan menyajikan informasi dalam bentuk grafik sehingga tren penjualan misalnya dapat dilihat secara lebih mudah, menarik dan bahkan interaktif. Beberapa aplikasi yang kita kenal diantaranya adalah Microsoft Excel, Harvard Presentation Graphics, Lotus Freelance Graphics atau juga Microsoft Power Point.
4.    Database
Merupakan program yang mampu menyimpan data dalam jumlah banyak kemudian diklasifikasikan berdasarkan klasifikasi tertentu, dan sewaktu-waktu disajikan berdasarkan klasifikasi yang kita inginkan. Beberapa aplikasi yang kita kenal diantaranya adalah dBase IV, Paradox, FileMaker, dan Microsoft Access.
5.    Desktop Publishing
Program ini mampu mendesain dan mampu menghasilkan bentuk-bentuk brosur, iklan, katalog, bahkan surat kabar. Beberapa aplikasi yang kita kenal diantaranya adalah Adobe Pakemaker, Ventura Publisher, Quark Xpress, Frame Maker, dan juga Microsoft Publisher.
6.    Communication
Terdiri dari programyang mampu melakukan proses komunikasi dari satu tempat ke tempat yang lain, atau dari satu komputer lainnya yang terkoneksi melalui jaringan tertentu apakah jaringan internet, intranet atau jaringan lokal (local area network). Untuk melakukan proses komunikasi ini biasa nya diperlukan perangkat keras tambahan seperti modem atau Network Card. Diantara beberapa program aplikasi yang biasa digunakan adalah Internet Explorer, Netscape Communicator dan lain sebagainya. Untuk koneksi di kantor-kantor yang terkoneksi melalui jaringan lokal (lokal area network) biasanya juga menggunakan program sistem operasi yang berbasiskan seperti windows NT, UNIX dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar