Jumat, 28 Desember 2012

Memindahkan Notebook Yang Sedang Beroperasi


Tidak jarang kita temukan kasus seperti ini, khususnya mereka yang umumnya  termasuk awam terhadap notebook. Seing kali, karena berbagai alasan dan tujuan praktis, saat masih aktif notebook dipindah – pindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Padahal kebiasaan seperti ini jelas – jelas dapat merusak notebook, terutama bagian Harddisk nya.

Sebagaimana diketahui, bahwa harddisk memiliki bagian vital yang disebut sebagai head dan cylinder. Apabila bagian head menggores cylinder, maka kerusakan fatal berisiko terjadi. Tahuah anda, bahwa kemungkinan head menggores cylinder sangat bisa terjadi apabila harddisk mengalami benturan saat sedang dalam posisi aktif. Dan itu riskan terjadi ketika notebook yang masih aktif dipindah – pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Artinya, walaupun harddisk terpasang secara rapi pada notebook, tetapi kondisi body casing notebook yang relatif kecil dan sempit tetap memungkinkan terjadinya benturan pada sejumlah komponen, apabila dipindah – pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Jadi, sebaiknya memang tidak memindah – mindahkan notebook saat masih dalam kondisi hidup. Hindarilah sebisa mungkin, apabila memang ingin memindahkan posisinya, maka sebaiknya dimatikan terlebih dahulu notebook anda, setelah itu barulah hisupkan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar