Senin, 17 Desember 2012

Jenis - Jenis Komputer



Ada yang mengatakan Komputer itu ada 2 jenis:
1.    Komputer Benam
Pada sekitar 20 tahun terakhir, banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik.
2.    Komputer Pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.

Para pakar komputer saat ini sebagian besar membagi komputer berdasarkan jenisnya menjadi 4 kategori, yaitu:
1.    Micro Computer atau yang biasa disebut mikro komputer
Jenis ini sering dinamakan Personal Computer (PCs) atau Desktop Computer. Sebagai contoh komputer yang saat ini banyak digunakan di rumah-rumah jarang digunakan untuk perusahaan terutama perusahaan besar.
Hal ini disebabkan oleh kemampuan yang terbatas untuk memproses informasi yang cenderung dikhususkan untuk keperluan pribadi saja.
Mikro Komputer yang canggih biasanya dinamakan Workstations, jenis yang lainnya: Laptop (note book) computer atau juga Note Pad computers. Kelebihan komputer ini dengan mikro komputer lainnya adalah keflexibelannya untuk dibawa kemana-mana sehingga memungkinkan seseorang untuk menjalankan bisnisnya. Contoh pada ketika berada didalam kereta api atau kapal laut. Harga untuk jenis mikro komputer ini berkisar antara 5 juta hingga puluhan juta tergantung dari jenis dan spedifikasi komputernya.
2.    Mini Computer atau komputer mini
Kapasitasnya lebih besar dibandingkan dengan Micro Computer. Biasanya berfungsi sebagai server dalam sebuah laboratorium.
Mini Computer ini digunakan untuk mengendalikan beberapa komputer lain nya dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi kapasitas komputer ini masih terbatas. Harganya bervariasi dari mulai sekitar 50 juta bahkan hingga ratusan juta.
3.    Mainframe Computers
Kategori ketiga dari jenis komputer adalah mainframe computers. Selain dapat berfungsi sebagai server dari berbagai komputer yang terkoneksi pada beberapa ruangan, komputer jenis ini juga digunakan untuk mengontrol sistem keamanan, listrik , penyejuk ruangan (air-conditioner) dan lain sebagainya. Komputer jenis ini berharga sekitar ratusan juta hingga milyaran rupiah.
4.    Super Computer
Kategori terakhir dari jenis komputer yang ada pada saat ini adalah Super Computer. Jenis komputer ini biasanya tidak lagi dipergunakan untuk mengontrol satu kantor atau perusahaan, bahkan justru sudah mengontrol sebuah kota, bahkan negara atau lintas negara. Komputer – komputer jenis ini biasanya dipergunakan untuk pengendalian sistem telekomunikasi, listrik atau berbagai jenis kebutuhan publik lainnya. Harga jenis komputer ini dapat dipastikan sangat mahal. Paling tidak harganya milyaran rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar