Senin, 04 Februari 2013

Blog dan Web


BLOG

Bagi Anda yang belum sering mendengar kata blog, namun belum tahu tentang pengertian blog, jangankan orang yang hanya mendengar saja, bahkan orang yang sering blogging pun kurang tahu apa definisi atau pengertian blog itu sendiri.

Blog adalah singkatan dari weblog, biasanya berisi konten yang sifatnya dinamis. Blog juga dapat berarti catatan online. Blog akan sering mengalami update atau memiliki postingan terbaru. Biasanya blog digunakan seorang blogger untuk berbagi infomasi, tips, ataupun sekedar pengalaman pribadi.

Tujuan umum dari blog  antara lain :
1.    Bisa digunakan untuk berbagi pengalaman.
2.    Saling bertukar ilmu/pengetahuan dengan pembaca.
3.    Sebagai alat untuk berkarya atau aktualisasi diri.
4.    Untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi.
5.    Memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Kebanyakan blog menggunakan subdomain, contohnya (intanaisyah9.blogspot.com) ada embel-embel "blogspot" nya jika anda membuat blog dari blogger.

WEB 

Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Secara garis besar website dibagi menjadi 2 model
1.    Website statis
Apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website.
Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan
2.    Website dinamis
Apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.
Contoh website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll.

Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

Fungsi WEB antara lain

1.     Media Promosi : Sebagai media promosi dapat dibedakan menjadi media promosi utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search engine atau toko Online, atau sebagai penunjang promosi utama, namun website dapat berisi informasi yang lebih lengkap daripada media promosi offline seperti koran atau majalah.
2.      Media Pemasaran : Pada toko online atau system afiliasi, website merupakan media pemasaran yang cukup baik, karena dibandingkan dengan toko sebagaimana di dunia nyata, untuk membangun toko online diperlukan modal yangr relatif lebih kecil, dan dapat beroperasi 24 jam walaupun pemilik website tersebut sedang istirahat atau sedang tidak ditempat, serta dapat diakses darimana saja.
3.     Media Informasi : Website portal dan radio atau tv online menyediakan informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media informasi konvensional seperti koran, majalah, radio atau televisi yang bersifat lokal.
4.     Media Pendidikan : Ada komunitas yang membangun website khusus berisi informasi atau artikel yang sarat dengan informasi ilmiah misalnya wikipedia.
5.      Media Komunikasi : Sekarang banyak terdapat website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah tertentu.

Perbedaan Blog dan Web
1.     Blog itu hosting nya gratis, karena sudah disediakan sama Blogger dan tentunya "unlimited".
2.     Blog bisa dikatakan dengan website sederhana, karena sudah disediakan semua alat yang diperlukan untuk menampilkan data yang ingin kita tampilkan.
3.     Website itu hosting nya berbayar.
4.     Website sesungguhnya memerlukan sedikit ilmu ekstra karena harus mengetahui bahasa pemogramam seperti HTML, PHP, Java Script, XML, dll.
5.     Website juga harus menggunakan FTP (File Transfer Protocol) untuk memasukan file-file ke dalam website tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar